PENGAKUAN IMAN STT BANDUNG

1. Kami percaya bahwa hanya Alkitab secara keseluruhan, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, adalah firman Allah yang diwahyukan dan diilhamkan tanpa kesalahan dalam naskah aslinya. Oleh karena itu, Alkitab relevan dan menjadi patokan wibawa satu-satunya bagi iman dan kehidupan orang percaya pada segala abad dan bagi segala bangsa.

5. Kami percaya bahwa Roh Kudus adalah Allah yang hidup, yang menginsafkan manusia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman. Ia melahirbarukan orang berdosa yang percaya, mendiami, menguduskan, dan memberi kuasa serta karunia-karunia kepada setiap orang percaya menurut kehendak-Nya demi kesaksian, persekutuan, dan pelayanan untuk pembangunan tubuh Kristus. 

 

2. Kami percaya bahwa Allah adalah Esa dan kekal, Mahakudus, dan penuh rahmat. Ia adalah pencipta, penguasa, dan pemelihara alam semesta beserta segala isinya, Tritunggal sebagai Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Masing-masing adalah Pribadi yang tidak diciptakan, sehakekat, dan setara dalam kuasa dan kemuliaan; Ia berdaulat baik dalam keselamatan maupun dalam penghakiman umat manusia.

6. Kami percaya bahwa manusia hanya dapat diselamatkan oleh kasih karunia melalui penebusan oleh Tuhan Yesus Kristus dan dibenarkan melalui iman, tanpa jasa, usaha, ataupun kesalehan dari pihak manusia. Melalui penyelamatan Allah dalam Kristus, gambar Allah pada manusia dipulihkan. Dengan demikian, manusia dimampukan untuk menjalani kehidupan yang penuh tanggung jawab dalam pengabdian dan kasih di hadapan Allah dan manusia.

 

3. Kami percaya bahwa manusia, laki-laki dan perempuan, telah diciptakan oleh Allah menurut gambar-Nya, yang telah dimahkotai-Nya dengan kemuliaan serta mandat untuk memenuhi bumi, mengelola dan memelihara seluruh ciptaan-Nya. Tetapi manusia telah jatuh ke dalam dosa, terpisah dari Allah, terikat dalam individualisme, kehilangan kemampuan untuk hidup sesuai dengan citranya sebagai ciptaan Allah, sehingga tidak mampu menyelamatkan dirinya sendiri.

7. Kami percaya bahwa Gereja selaku garam dan terang dunia adalah himpunan semua orang percaya dari segala abad dan bangsa. Ia adalah tubuh Kristus yang kudus dan Am, dengan Kristus sebagai Kepalanya. Melalui kebaktian, pengajaran, sakramen baptisan dan perjamuan kudus, Gereja memberitakan Kerajaan Allah, melayani di dalam kekudusan, juga bertanggung jawab terhadap kehidupan masyarakat dan lingkungan dalam rangka misi dan penginjilan.

 

4. Kami percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Tunggal Allah, Allah sejati dan Manusia sejati, penebus dan satu-satunya jalan keselamatan bagi seluruh umat manusia. Ia dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, hidup tanpa dosa, sempurna dalam pengorbanan dan kasih. Ia mati di atas kayu salib, bangkit kembali dari antara orang mati dalam tubuh kebangkitan yang nyata, naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa, menjadi Imam Besar Agung bagi orang percaya, dan pengantara tunggal antara Allah dan manusia, serta Raja di atas segala raja.

8. Kami percaya bahwa kepastian kedatangan kembali Yesus Kristus secara nyata dan pribadi akan terjadi pada akhir zaman untuk menjemput umat-Nya, menjadikan orang percaya serupa dengan Yesus Kristus, dan untuk menghakimi seluruh umat manusia, baik yang hidup maupun yang mati. Pada kedatangan-Nya kedua kali itulah setiap orang mati akan dibangkitkan, orang percaya masuk ke dalam kehidupan yang kekal, orang yang tidak percaya masuk ke dalam kebinasaan yang kekal.

 

 

Kontak Info

Jalan Dr. Junjunan No. 105
Bandung 40173, Indonesia
ph : (+62) 22 601 - 6454
fax : (+62) 22 607 - 7921
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.