PART #3: MUSIK UNTUK MENINGGIKAN MEMUJI ALLAH (5E PELAYANAN MUSIK YANG ALKITABIAH)

Views :252 Times

MUSIK UNTUK MENINGGIKAN MEMUJI ALLAH
(5E PELAYANAN MUSIK YANG ALKITABIAH)

***Dr. Yap sebagai pembicara simposium ini adalah dosen dalam program S2 Master of Ministry in Worship and Music Leadership di STT Bandung

Bernyanyi kepada Allah itulah ibadah, namun ibadah bukan sekedar itu saja. Pertanyaannya adalah mengapa bernyanyi? Umat Allah tetap harus melakukan sesuatu sebelum mereka bisa bernyanyi.

Dalam kisah pembebasan Bangsa Israel keluar dari Mesir, Tuhan menenggelamkan pasukan Firaun yang mengejar Bangsa Israel di Laut Merah. Bangsa Israel bernyanyi memuji Tuhan dengan gembira karena:

1) melihat kuasa mujizat Allah yang menyelamatkan mereka dari musuhnya. Umat Allah harus menaruh perhatian pada kuasa penyertaan Allah yang terjadi atas lingkungan mereka lalu mengintrospeksi dirinya. Mereka tidak akan selamat tanpa kuasa mereka sendiri, Allahlah yang melakukannya. Allah yang membunuh musuh-musuh mereka.

2) melihat Allah sendiri dan kehebatan kuasa-Nya. Allah segala allah yang hebat itu menunjukkan belas kasihan-Nya.

3) di dalam hati mereka terjadi perubahan, mereka menaruh rasa takut dan percaya kepada Allah.

Dari kepala ke mata lalu ke hati mereka. Dari mengetahui tentang Allah, melihat perbuatan Allah yang terjadi lalu mengubah sikap dan tindakan mereka. Barulah setelah semua ini terjadi mereka bernyanyi beribadah. Pujian itu meluap dari hatinya dan tidak bisa ditahan mulut dan tubuhnya. Karena kata-kata tidak cukup mengungkapkannya mereka berusaha menggunakan instrumen. Instrumen itupun tidak cukup maka mereka menari.

Itulah ibadah, bukan karena tari-tariannya atau instrumennya. Pujian itu muncul dari hati ketika umat Allah mengenal siapa Allah mereka. Ibadah harus membawa umat melihat kepada Allah terlepas dari kondisi apapun yang terjadi di lingkungannya.

Kita tidak bisa menjadi pelayan ibadah kalau kita bukan terlebih dulu menjadi penyembah Allah dan membawa umat datang kepada Allah. Beritahukan siapa itu Allah dan bagaimana Allah hadir dalam hidup mereka, berikan mereka kesempatan untuk percaya kepada Allah maka mereka akan bernyanyi. Ibadah bukan tentang musik tetapi tentang Allah.

>>> SERI BERIKUTNYA:
MUSIK UNTUK MEMAJUKAN MEMBANGUN ORANG PERCAYA (5E PELAYANAN MUSIK YANG ALKITABIAH)

link youtube:
https://www.youtube.com/watch?v=UyXtOeplfa4&feature=share

Anna Victoria Cahyadi

Multimedia Staff

STT Bandung

 

Kontak Info

Jalan Dr. Junjunan No. 105
Bandung 40173, Indonesia
ph : (+62) 22 601 - 6454
fax : (+62) 22 607 - 7921
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.