Mempersiapkan Umat Allah untuk Menghadirkan Injil Seutuhnya di Tengah Dunia

Views :143 Times

Di penghujung tahun 2017 ini, Ibu Dorothy Irene Marx, salah satu pendiri sekaligus rektor pertama STTB, baru saja berangkat ke tempat peristirahatan abadi. Salah satu warisan amat berharga yang beliau tinggalkan adalah kecintaannya terhadap Indonesia. Kecintaannya tidak didasari romantisme atau selfish enjoyment. Kecintaannya didasari oleh keyakinan akan panggilan Tuhan baginya untuk menghadirkan terang Injil Kristus di tengah bangsa ini. Visi kebangsaan ini ditularkan dengan sangat kuat kepada anak-anak didiknya, baik yang berasal dari kampus umum maupun sekolah teologi. Salah seorang anak didiknya mengakui bahwa komitmennya untuk berkarya di sebuah perusahaan pemerintah dimulai dari percakapan mendalam dengan beliau yang menegaskan bahwa berjuang membangun sistem yang bersih di tengah korupsi yang membudaya merupakan bagian dari misi Allah.

Meresponi Problema Pendidikan Kristen di Indonesia Melalu IFCE

Views :87 Times

 

ditulis oleh : Tan Giok Lie, Ed.D.
Salah satu Pembicara dan Pelopor dalam IFCE.

STT Bandung menyelenggarakan IFCE (Indonesian Forum for Christian Educators) yang dihadiri oleh sekitar 30 key leaders yang mewakili sekolah teologi, sekolah Kristen, universitas Kristen, lembaga parachurch dan gereja - gereja pada tanggal 27 – 28 Oktober 2018. Dekan Akademik STT Bandung, Tan Giok Lie, Ed.D. menjelaskan tentang forum ini, sejarah, serta tujuannya.

Refleksi: Pelayanan Pendidikan Kristen di Gereja

Views :775 Times

Gereja harus menjadi model bagi terlaksananya pelayanan pendidikan. Aspek pendidikan dalam berbagai area di gereja telah lama sekali terabaikan.

Ada banyak alasannya mengapa hal ini terjadi. Pertama, sikap pemimpin gereja yang ambigu terhadap pendidikan gereja. Sikap ini merupakan salah satu penghalang utama yang telah menyebabkan terabaikannya berbagai aspek pengembangan manusia. Kedua, penekanan yang berlebih pada aspek-aspek lain dari pelayanan, seperti misalnya penyembahan, isu-isu pastoral, serta berbagai aktivitas misi. Dalam jangka panjang, hal ini menyebabkan terjadinya ketidak-seimbangan dan pelemahan pengembangan dari pelayanan gereja. Ketiga, lamanya proses yang dibutuhkan dalam pelayanan pendidikan dan hasil yang tampaknya lambat jika dibandingkan dengan pelayanan lain di gereja, merupakan salah satu alasan dari pengabaian ini. Secara keseluruhan, kegagalan untuk mengenali pentingnya dan uniknya pelayanan pendidikan Kristen telah menyebabkan gereja menjadi tidak efektif dan harus menghabiskan tenaga serta usaha yang tidak perlu.

Kontak Info

Jalan Dr. Junjunan No. 105
Bandung 40173, Indonesia
ph : (+62) 22 601 - 6454
fax : (+62) 22 607 - 7921
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.