• Penerimaan Mahasiswa Baru 2014

    Telah dibuka penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana dan PascaSarjana
  • Kuliah Intensif oleh Augustine Pagolu

    Kuliah Intensif Program Master of Theology (M.Th.), Senin - Jumat, 28 April - 2 Mei 2014. & Kuliah Intensif Program Doctor of Ministry (D.Min.), Senin - Jumat, 19 - 23 Mei 2014
  • Kuliah Intensif (M.Min.)

    Kuliah Intensif Program Master of Ministry (M.Min.) , Senin - Jumat, 21 -25 April 2014. Dengan Mata Kuliah "Spiritualitas Hamba Tuhan" oleh Grace Emilia, M.Th.
prev next

Kemuliaan Hanya Bagi Tuhan

 

"Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya." (Lukas 2:14)

Di dalam Alkitab, arti kata "kemuliaan" (Glory), "Kabod" (bahasa Ibrani) adalah Mulia, Agung, Makmur, Berlimpah; "Doxa" (bahasa Yunani): Semarak, Kecemerlangan, Kemasyhuran. Khusus melihat Injil Lukas 2:14, kita menemukan kata "kemuliaan" seperti ‘doksologi‘. Kata (doxa) ini digunakan untuk menjelaskan beberapa hal penting yaitu: pertama, sifat dan tindakan Tuhan dalam manifestasi diri-Nya sendiri. Kedua, karakter dan cara Tuhan seperti yang diperagakan melalui Kristus dan melalui orang percaya (2 Korintus 3:18; 4:6). Ketiga, dari keadaan penuh berkat dimana orang percaya untuk selanjutnya masuk menjadi serupa dengan Kristus -- (Roma 8:18, 21; Filipi 3:21). Keempat, kecerahan atau kemegahan: supranatural, berasal dari Allah (seperti dalam shekinah "glory" dalam tiang awan dan dalam Kemah Suci).

Belajar Bersama Martin Luther

Saat pertama menjadi biarawan, Martin Luther (yang kemudian dikenal sebagai reformator Protestan di abad ke-16) menderita rasa bersalah akut yang membuatnya sangat menderita. Dalam film "Luther" besutan sutradara Eric Till, Luther muda digambarkan sering memukul-mukul kepalanya di sel kamarnya karena rasa tidak berharga dan rasa bersalahnya yang begitu besar. Ia sangat ketakutan ketika mendengar istilah iman, anugerah, kebenaran, dan pertobatan. Luther merasa ia tidak pernah bisa melakukan hal yang cukup bagi Allah sehingga Allah suka menghukum dan menyebabkannya menderita. Itu sebabnya ia begitu gemetar karena rasa takut dan benci ketika harus memimpin perjamuan kudus pertamanya. Ia tidak tahan menghadapi Allah yang di matanya begitu kejam.

Kepemimpinan Akademis

 

Dalam konteks kepemimpinan akademis, refleksi dan observasi terhadap organisasi pelayanan adalah sesuatu yang krusial. Tulisan di bawah ini adalah buah refleksi tentang apa yang sedang dan akan kami gumulkan di STTB.

Kontak Info

Jalan Dr. Junjunan No. 105
Bandung 40173, Indonesia
ph : (+62) 22 601 - 6454
fax : (+62) 22 607 - 7921
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.